Sabtu, 09 Oktober 2021

Panduan dan Strategi Penting Menjadi Reseller Sukses


 

Apa sih pengertian dari reseller? Reseller adalah seseorang yang mengambil atau membeli barang dari supplier atau produsen, lalu dijual kembali kepada konsumen. Biasanya, reseller membuat stok barang dari supplier terlebih dahulu sebelum dijual ke pasaran.

Reseller lebih leluasa mengatur produk yang akan dijual dibandingkan dengan dropshipper. Itulah yang membuat reseller lebih unggul dari sisi marketing. Meski begitu, Anda yang ingin berkecimpung dalam dunia reseller perlu menerapkan beberapa tips menjadi reseller yang sukses. Apa saja tipsnya, ya? Yuk simak baik-baik ulasan berikut! 

 

Memilih Supplier yang Terpercaya

Pilihlah supplier yang telah terverifikasi. Maksudnya, supplier itu jelas lokasi tempat produksinya, punya kantor supplier, atau gudang penyimpanan untuk produknya.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan jika supplier Anda benar-benar terpercaya. Jika mengalami hal yang tidak diinginkan, Anda bisa langsung mendatangi lokasi supplier untuk memperjelas semuanya. 

 

Komunikasi Lancar

Aspek terpenting dalam menjalankan bisnis adalah komunikasi. Anda harus memastikan supplier mau terbuka mengenai semua hal yang berkaitan dengan kerja sama. Sebab, Anda akan banyak berurusan dengan supplier, seperti menangani orderan dalam bentuk grosir atau pun partai besar.

Jaga komunikasi yang baik dengan supplier, agar mereka tetap responsif terhadap pertanyaan atau keluhan mengenai produk yang akan Anda jual. 

 

Menentukan Harga Jual

Buatlah rincian secara jelas untuk menentukan harga jual produk Anda. Sebab, hal itu akan berpengaruh pada keuntungan yang akan didapatkan.

Anda bisa melihat harga jual dari kompetitor yang menjual produk yang sama dengan Anda, jadikan itu referensi atau pertimbangan agar bisa mematok harga jual produk sendiri. 

 

Buat Branding Reseller Online

Bisnis reseller yang mempunyai branding akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Anda juga bisa melakukannya, seperti membuat logo sebagai identitas Anda dalam memulai sebuah bisnis. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan branding dengan cara mengemas barang yang menarik. Buatlah sekreatif mungkin untuk menarik konsumen dan memberi kepuasan tersendiri bagi mereka. Packaging bisa menggunakan box dari kardus, diberi tambahan kartu terima kasih, atau memberikan bonus berupa stiker-stiker lucu dan lain-lain. 

 

Perbanyak Pilihan Cara untuk Order

Sebagai seorang reseller, wajib hukumnya untuk selalu mengedepankan kenyamanan konsumen, seperti selalu responsif terhadap setiap pertanyaan atau keluhan yang mereka ajukan dan memperhatikan variasi cara order barang.

Dengan variasi cara untuk memesan, konsumen pun akan terbantu untuk menyesuaikan karakteristik masing-masing. Misalnya, Pak Agus ingin melakukan pembelian online, namun jarak rumahnya dengan ATM sangat jauh. Maka, cara order seperti COD (Cash on Delivery) bisa beliau pilih untuk bertransaksi dengan Anda.

Nah, itulah beberapa tips sukses menjadi seorang reseller yang jarang diketahui. Catat dan perhatikan baik-baik agar bisnis reseller Anda bisa berkembang lebih besar di kemudian hari. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon